Indahnya  Akhir Pekan Bersama Keluarga dengan Menikmati 2 Kue Jadul Ini, Apa Itu?

Ilustrasi (Dok:Net)

JAKARTA (SURYA24.COM)- Dalam kehidupan yang semakin sibuk dan penuh tekanan, penting bagi kita untuk meluangkan waktu bersama keluarga. Acara akhir pekan bersama keluarga bukan hanya sekadar liburan dari rutinitas sehari-hari, tetapi juga memiliki dampak positif yang mendalam pada kebersamaan dan kesejahteraan keluarga. Artikel ini akan menggali pentingnya menghabiskan waktu akhir pekan bersama dan bagaimana hal itu dapat memperkukuh ikatan keluarga.

Menghabiskan waktu akhir pekan bersama keluarga adalah cara yang efektif untuk membangun ikatan emosional yang kuat antara anggota keluarga. Kegiatan bersama seperti bermain game, makan bersama, atau sekadar berbicara dapat menciptakan momen berharga yang akan diingat sepanjang hidup.

Kegiatan akhir pekan yang menyenangkan dapat menjadi pelarian dari stres dan tekanan sehari-hari. Momen bersama keluarga memberikan kesempatan untuk bersantai, tertawa, dan melupakan sejenak tuntutan pekerjaan dan aktivitas harian.

Acara akhir pekan bersama keluarga menciptakan kenangan yang akan diabadikan sepanjang hidup. Foto-foto bersama, cerita-cerita lucu, dan momen khusus lainnya menjadi bagian dari album kenangan keluarga yang dapat dinikmati oleh setiap anggota keluarga. Apalagi ditemani dengan kue tradisonal jadul plus kopi atau the tentu lebih berkesan lagi? Yuk simak kua jadul yang bisa menemani kamu menikmati akhir pekan.

Ode-onde

Onde-onde merupakan salah satu jajanan tradisional yang masih eksis hingga hari ini. Biji wijen yang wangi dan isian kacang hijau yang manis legit membuat onde-onde disukai banyak orang. 

 Cara membuat onde-onde empuk dan kenyal ala pedagang kue favoritmu tidaklah sulit. Kamu bisa mengikuti resep onde goreng yang menggunakan dua jenis tepung pada adonan kulitnya. 

Ada beberapa cara membuat onde-onde agar tidak mudah hangus, salah satunya selalu gunakan minyak panas dan api kecil yang stabil. 

Selain itu, jika adonan onde-onde terasa masih keras sebaiknya tambah dengan sedikit air gula. Uleni hingga kalis elastis. Dalam buku "CAKE & KUE POPULER" (2014) oleh Sahak terbitan KANAYA press, simak takaran bahan dan tips membuat onde-onde berikut ini. 

Resep onde-onde 

Bahan isi 

100 ml santan kental, dari 1/2 butir kelapa 

120 gram gula pasir 

1/4 sdt garam 

2 lembar daun pandan, simpulkan 250 gram kacang hijau kupas, rendam selama 2 jam, kukus selama 45 menit Bahan kulit 

120 gram gula pasir 400 ml air 500 gram tepung ketan 100 gram tepung sagu 

Bahan lainnya 

200 gram wijen 2 liter minyak goreng 

Cara membuat onde-onde 

Bahan isi: 

Masak santan, gula, garam, dan daun pandan hingga larut. Masukkan kacang hijau halus secara perlahan. Aduk hingga rata. Angkat dan bentuk bulat adonan isi berdiameter sekitar 3 cm. 

Bahan kulit:

 Larutkan gula dengan air. Sisihkan. Campurkan tepung ketan dan sagu, adoni bersama larutan air gula. Ambil sekitar satu sendok makan adonan kulit, pipihkan. Beri bahan isi di tengah adonan kulit, bentuk bulat. Gulingkan di wijen, lakukan hal yang sama hingga adonan habis. Panaskan minyak, goreng onde-onde dengan api sedang sambil terus diaduk hingga berwarna kecokelatan dan matang. 

Kue Perut Ayam 

Selain onde-onde, kue perut ayam surabaya bisa kamu temukan di beberapa kedia jajanan tradisional pagi hari bisa dijadikan teman ungtuk akhir pekan kamu.

 Cita rasa dari kue yang satu ini manis dan tekstur yang empuk. Tak sulit untuk membuatnya, kamu hanya perlu menyiapkan sekitar enam bahan utama untuk membuatnya. 

Termasuk telur, santan, dan terigu. Pastikan kamu menyiapkan minyak goreng baru yang masih jernih agar hasil dari kue perut ayam memiliki tampilan cokelat keemasan yang bersih. Dilansir dari buku "101 kue nusantara" (2013) oleh DAPUR LESTARI terbitan Kriya Pustaka, bikin untuk 25 buah kue perut ayam. 

Resep perut ayam 

Bahan 700 gram tepung terigu 

1 sdt baking powder 

1/2 sdt vanili 

6 butir telur dan 2 butir kuning telur, kocok lepas 225 gram gula pasir butir halus 200 gram santan kental dari 1/2 butir kelapa Minyak goreng secukupnya 

Cara membuat perut ayam

Siapkan wadah bersih, tuang tepung terigu, baking powder, dan vanili, aduk rata. Ayak dan sisihkan. Campurkan telur dan gula pasir, kocok hingga gula larut. Masukkan telur kocok ke dalam campuran tepung. Aduk sambil tuang santan. Diamkan selama satu jam. Masukkan sekitar tiga sendok makan adonan ke dalam kantong plastik segitiga, gunting sedikit ujungnya. Siapkan minyak goreng, panaskan kemudian semprotkan adonan kue perut ayam melingkat membentuk seperti obat nyamuk bakar. Tiriskan dan kerjakan hingga sisa adonan habis.